Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

Desaku Purwakarta
Rp. 0
Keranjang masih kosong.

Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

Luar Biasa ! Praja IPDN Kunjungi Pengusaha Ikan Nila yang Memanfaatkan Lahan Sempit

Luar Biasa ! Praja IPDN Kunjungi Pengusaha Ikan Nila yang Memanfaatkan Lahan Sempit

Cipinang, 07 September 2023 - Praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) melakukan kunjungan lapangan ke beberapa UMKM yang berada diseputaran wilayah desa Cipinang,Kecamatan Cibatu. Salah satunya ialah peternak ikan nila terkemuka di Desa Cipinang. Kunjungan ini bertujuan untuk memahami potensi lahan sempit agar dapat dimanfaatkan menjadi lahan pertanian perairan yang berbahan kolam buatan dari besi dan terpal. Para Praja pada pagi hari itu, dengan semangat untuk memperdalam pengetahuan mereka tentang budidaya ikan nila. Mereka diterima dengan hangat oleh Bapak Sigit, seorang peternak ikan nila yang telah berpengalaman yang telah berhasil mengembangkan usahanya dengan memanfaatkan sisa halaman yang berada di kediamannya.

Dalam Kunjungan ini, praja IPDN mendapatkan kesempatan langka untuk berinteraksi langsung dengan peternak ikan nila dan diberitahu bagaimana proses budidaya ikan nila yang sangat kompleks. Mulai dari pemilihan bibit, manajemen kolam, manajemen air, pemberian pakan yang tepat serta bagaimana pemeliharaan ikan nila yang sehat. Menurut beliau, dalam beternak ikan nila ini kita hanya perlu memelihara kualitas air kolam, sebab apabila airnya sehat maka ikan yang ada didalam kolam tersebut dapat berkembang dengan sehat pula. 

Kunjungan ini diharapkan dapat menjadi edukasi bagi para praja IPDN tentang pengetahuan mereka mengenai usaha UMKM yang berada di desa Cipinang salah satunya ialah cara beternak ikan nila. Peternakan ikan nila ini merupakan salah satu upaya yang memiliki potensi besar untuk meningkatkan ekonomi dan ketahanan pangan di tingkat lokal. Beberapa praja IPDN bahkan memiliki ketertarikan dan merasa termotivasi untuk melakukan bisnis peternakan ikan nila sebagai pekerjaan sampingan se 

Komentar

Wawan
Jumat, 08 September 2023 18:03

Mantap

Fahrii
Jumat, 08 September 2023 19:25

Kereenn

risda
Jumat, 08 September 2023 19:34

keren

Tinggalkan Komentar

Email anda tidak akan ditampilkan. Harap isi semua yang bertanda *

Artikel Terpopuler